Senin, 20 Maret 2017

MEME ATAU HOAX?

Hoax
Meme apa Hoax?
Dalam diskusi anti hoax kemaren, saya menyampaikan satu pesan kepada teman-teman. Pembuat Hoax itu sejatinya pintar.

Mereka mempunyai kesengajaan untuk menyampaikan suatu informasi dengan tujuan pengrusakan. Mereka tahu bahwa yang akan menangkap dan menyebarkan informasi mereka adalah orang-orang bodoh atau orang-orang yang memang punya kadar kebencian di dadanya dan hanya perlu sedikit bensin untuk membakar diri mereka.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa tujuan Hoax adalah membangkitkan kebencian. Beda dengan Meme.

Meme atau gambar lucu, biasanya ditujukan untuk meramaikan saja. Meme itu bisa bersifat sindiran langsung ataupun satir dan sarkas. Tujuannya untuk ledekan, guyonan tapi tidak berniat untuk menimbulkan kebencian ataupun merusak.

Nah untuk membedakan mana Hoax dan mana Meme kita harus cerdas. Disinilah dinilai keluasan wawasan seorang dan kadar humornya.

Salah satu cara teknis untuk membedakan mana Meme dan mana Hoax adalah lihat rekam jejak digitalnya. Kalau dia memang dari awal suka menyebar hoax, yang disebar biasanya hoax dan juga sebaliknya.

Dan juga harus bisa melihat keseluruhan pesan yang disampaikan, maksud dan tujuannya. Bukannya ambil sepotong terus langsung menilai bahwa ini hoax.

Jadi, bermedsos lah dengan pintar tapi juga tidak kehilangan rasa humor yang tinggi. Karena medsos selain berfungsi sebagai penyebar informasi juga unsur hiburannya sangat tinggi.

Jangan pertaruhkan kredibilitas sebagai pendekar anti hoax dengan ketidak-mampuan memilah satu masalah.

Salam secangkir kopi, Denny Siregar, FPI Garis Lembut