Kamis, 27 April 2017

HADIS PUN ADA YANG HOAX

Palsu
Awas Hadis Palsu
"Wah, malam Jumat nih. Saatnya bunuh Yahudi".

Dulu sering banget saya dengar guyonan itu. Terutama dari teman-teman yang baru menikah. Awalnya biasa, lama-lama pengen tahu juga. Kenapa malam Jumat selalu diidentikkan dengan membunuh Yahudi ? Kasian si Yahudi, gak ngapa-ngapain di bunuh.

Selidik punya selidik, ini ternyata hadisnya :

"Barangsiapa melakukan hubungan suami istri di malam Jumat (Kamis malam) maka pahalanya sama dengan membunuh 100 Yahudi. (Dalam hadits yang lain disebutkan sama dengan membunuh 1000 atau 7000 yahudi)".

Ternyata hadis ini palsu dan tidak ada di kitab hadis manapun. Sebagai catatan : hadis itu adalah kumpulan riwayat terhadap apa saja perbuatan dan perkataan Rasul.

Meski hoax, ternyata hadis ini sangat populer dan kemungkinan sudah dipercayai dari generasi ke generasi. Bahkan teman saya percaya kalau setiap dia "iwik-iwik" dengan istrinya di maljum, maka dia melakukan sunnah Rasul dan itu berpahala. Enak bener, udah nikmat dapat pahala lagi...

Okelah. Lalu kenapa kok Yahudi yang dibunuh ? Kasian kan si Yahudi..

Ada kepercayaan dari sebagian umat Islam bahwa kaum Yahudi adalah penyebab segala bencana di dunia ini. Sehingga apa-apa, "Yahudi tuh yang suka fitnah..". Padahal yg ngomong gitu sdh fitnah kalo si Yahudi suka fitnah..

Kenapa begitu? Karena salah menafsirkan ayat Alquran...
Di Alquran memang dijelaskan ada kaum Yahudi dan Nasrani yang bermasalah dengan hadirnya Islam, tetapi itu tidak bersifat general. Hanya terbatas pada mereka yang ahli kitab dan memerangi pada waktu itu saja. Sedangkan di ayat lain, Tuhan juga berbicara bahwa Yahudi dan Nasrani berhak mendapat pahala sesuai amal mereka.

Hanya, kebanggaan beragama di sebagian umat Islam ini begitu tinggi dan fanatik. Sehingga mereka menolak sejarah bahwa di antara umat Islam sendiri pasca Nabi Muhammad Saw wafat, sudah bunuh-bunuhan antara sahabat dan saudara.

Karena gak mau agamanya terlihat lemah, maka "salahkan semua pada Yahudi" atau Saladi. Jadi begitulah kura-kura kenapa ada hadis hoax yang sangat terkenal berkisah membunuh ribuan Yahudi.
Jadi kalau ada yang masih percaya malam ini dapet pahala karena membunuh Yahudi, "hellliowww.. anda ketipuh..". Masak bisa lagi gituin kepikiran membunuh?

Kayanya yang banyak percaya hadis ini kaum bumi datar, soalnya pikiran mereka "bunuh" mulu. Emak-emak juga jangan percaya gitu aja kalo mbapaknya mengerling nafsu, trus mendesis, "jalanin sunnah Rasul yukk..". Jawab aja, "Sunnah Rasul mbahmu.. jawab itu si Firza siapa ??? Kok chatnya ampe ada pisang-pisangnya gituuu?"

Mending telpon kak Emma, "Habis dia kumarahin kak emma.. stress dia.."
Iki opo sih kok ngelantur nang kak emma segala.. Seruput kopi Yahudi dulu.