Minggu, 23 April 2017

MOVE ON DONG, BANG

Move On
Move On
"Kenapa gak move on dari pilkada DKI sih, bang?". Tanya seorang teman yang dulu juga sama-sama mendukung Ahok. Saya tersenyum. Ah, temanku kamu tidak mengerti.

Sejak lama yang saya awasi adalah gerakan radikalis di negeri ini. Sejak Suriah saya selalu berfikir, bagaimana pola yang akan mereka terapkan di sini nanti?

Dulu mereka memakai isu Sunni-Syiah sama seperti di timur tengah. Mereka membentuk organisasi Aliansi Nasional Anti Syiah atau ANNAS yang pusatnya di Bandung, di Masjid Cidjagra.
Tapi sayangnya mereka salah.

Isu itu tidak berkembang karena memang Indonesia tidak punya sejarah pahit pertempuran sunni-syiah. Indonesia punya pengalaman pahit di bentrokan agama. Karena itu mereka memulainya dengan peristiwa Tolikara dan lanjut Singkil, untuk membenturkan dua agama besar di Indonesia.

Selain itu Poso juga. Dengan memainkan isu bahwa teroris yg ditembak mati adalah syahid, mereka ingin mengorek kembali luka lama disana.

Kembali tidak berhasil karena ternyata umat beragama di luar Jawa jauh lebih dewasa.

Akhirnya mereka menemukan momentum di pilkada Jakarta. Dan kita melihat bagaimana pola yang mereka lakukan, mirip dengan pola di Suriah. Maenkan isu lama Cina vs Pribumi, Muslim vs Kristen dan PKI.

Menelaah apa yang terjadi di Jakarta itu penting, karena itu sebagai pelajaran untuk mengetahui langkah mereka selanjutnya di Jabar dan Pilpres 2019 nanti. Dengan begitu, kita bisa mengetahui pola pikir mereka dan memainkan langkah yang strategis untuk menghadang mereka.

Jadi, ini bukan hanya sekedar Jakarta. Jakarta hanya satu poin saja dan sebagai satu catatan menarik bahwa ternyata kita masih punya lubang disana sini yang perlu ditambal.

Saya tidak merasa kalah ketika melihat Ahok kalah, karena ternyata kekalahan Ahok malah membuka banyak ilmu dan strategi yang mereka bisa menangkan di daerah.

Saya malah merasa maju karena mendapat pelajaran baru, hal yang selama ini tidak terpikirkan. Saya sedang menyusun benang-benang merahnya. Beradu cantik dengan pemikir-pemikir strategis mereka.

Kalau masalah move on, saya emang kurang suka. Saya juga gak tahu itu lagu siapa. Yang saya tahu lagu, "I've got the move like Jagger.. I've got the move like Jagger..." . Siulan sambil seruput kopi sama Maroon 5..