Rabu, 30 Agustus 2017

DUNIA ORANG GILA

Aplikasi
Jack Ma
Dalam perjalanan belajar "bagaimana start-up bergerak" ini, saya menemukan satu poin penting. Bahwa investor bukan hanya melihat bagaimana aplikasimu bekerja, tetapi seberapa "gila" founder aplikasi itu sejatinya.

Banyak investor yang berinvestasi kepada orang, bukan kepada mesin aplikasinya. Karena mesin itu perwujudan ide seseorang.

Seorang "gila" mempunyai pemikiran-pemikiran yang kebanyakan diluar pemikiran orang banyak. Mereka mempunyai visi yang jauh ke depan dan memulainya di waktu sekarang..

Pada model aplikasi dengan orang seperti inilah investor lebih suka berinvestasi. Karena biar bagaimanapun investor ingin uang yang ia tanamkan, akan berbuah lebat dalam waktu 5-10 tahun ke depan. Dan supaya bisa seperti itu, dibutuhkan seseorang yang berani keluar dari kebiasaan lama banyak orang.

Orang-orang gila di dunia start-up bisa kita lihat seperti Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg dan Jack Ma.

Di Indonesia kita mengenal Nadiem Makarim founder Go-Jek dan William Tanuwijaya founder Tokopedia, 2 perusahaan aplikasi yang meraih posisi "unicorn" atau startup yang mempunyai valuasi perusahaan senilai 1 milyar dollar AS atau sekitar 13 trilyun rupiah..

Perusahaan aplikasi itu adalah gudangnya ide. Mereka akan terus berinovasi supaya tidak mati, tenggelam dalam kemunculan startup di Indonesia yang muncul ratusan banyaknya.

Meski begitu banyak startup muncul, tetap saja investasi yang paling dilirik investor adalah dengan melihat foundernya. Semakin gila dia dengan ide-idenya, semakin banyak uang terkucur kepadanya.
Indonesia sebenarnya gudangnya orang gila. Ada yang gila agama, ada yang gila fitnah, gila sedekah juga ada, bahkan gila karena gak jadi-jadi Presiden juga ada.
Tapi dari banyaknya kegilaan itu, yang belum banyak muncul adalah orang yang gila berinovasi, bermimpi menjadi besar dengan karyanya dan ingin menjadi inspirator bagi junior-juniornya.


Apakah kamu termasuk orang gila atau orang yang biasa-biasa saja?. Cuma secangkir kopi yang bisa menjawabnya.