Kamis, 14 September 2017

IKAN KECIL DI KOLAM BESAR

Sukses
Sukses
Saya heran kepada anak-anak muda yang bermimpi besar ingin menjadi seseorang, tapi tidak mau meninggalkan zona nyamannya dimana dia digaji oleh perusahaan besar.

Orang besar tidak datang begitu saja. Ia harus ditempa dengan segala tantangan dan keberanian untuk memulai dari nobody menjadi somebody.

Semua tekanan yang akan dia terima ketika berada pada level kesulitan sebenarnya adalah bagian dari pelatihan untuk mengembangkan dirinya.

Manusia harus mempunyai karya yang akan dia tinggalkan dalam jejak langkahnya. Jika dia berada di sebuah perusahaan yang sudah besar, ia hanya menjadi bagian dari mesin saja dan tidak akan tercatat dalam sejarah.

Uang itu penting, tetapi yang lebih penting lagi dari sekedar uang adalah eksistensi, kebanggaan, rasa hormat yang akan datang dari para pejuang. Kita tidak membawa uang jika mati, tetapi membawa nama baik yang tertuang dalam karya yang tidak akan lekang.

Jadikan perusahaan besar sebagai tempat pelatihan saja, bukan sebagai akhir perjalanan. Jangan sampai menyesal ketika banyak orang yang kita kenal akhirnya menjadi seseorang, sedangkan diri kita hanya merangkak saja menghabiskan sisa waktu untuk dipensiunkan. Karena hidup sesungguhnya adalah perjalanan dan jadikan itu berarti.


Setuju? Seruput kopinya dulu.