Senin, 30 Oktober 2017

HIDUP BUKAN LAGI MISTERI

Kehidupan
Hidup
“Hidup itu penuh misteri..”

Kata seorang teman ketika kami diskusi di warung kopi. Saya pun mengiyakan waktu itu, karena ketidak-pahaman. Memang lebih mudah mengamini sesuatu karena ketidak-tahuan daripada berargumen tanpa pengetahuan..

Waktu berlalu dan aku bertemu seorang teman baru. Ilmunya jauh lebih mumpuni dan ia sudah mengalami banyak peristiwa dalam hidupnya yang membuatnya jauh lebih matang.

Proses hidupnya yang penuh tekanan membuat ia mampu mendefinisikan tentang kunci-kunci hidup sebagaimana teori yang ia dapatkan..
“Hidup itu sesungguhnya bukan misteri..” Katanya waktu itu padaku ketika kami minum kopi.
“Hidup itu adalah sebab akibat. Akibat yang kamu dapatkan sekarang ini adalah berkat sebab-sebab yang dulu kamu hadirkan..”
Gurat wajahnya tampak tenang. Ia stabil dan sudah menemukan titik keseimbangan. Kebahagiaan buatnya bukanlah seberapa banyak ia berlimpah materi, tetapi seberapa jauh ia mengerti.

“Sejak awal bumi diciptakan sampai sekarang, sebenarnya pola dari sebuah peristiwa begitu-begitu saja. Hanya pelaku, waktu dan peristiwanya saja yang berbeda2. Tapi sebenarnya inti dan maknanya semua sama...”

Aku asik mendengarkan paparannya tentang teori sebab akibat. Bahwa banyak sebab yang dihadirkan oleh manusia karena nafsunya, karena keinginannya. Dan banyak manusia patah karenanya.

“Itulah kenapa semua kitab suci selalu mengulang-ulang pesan. Bahwa kebodohan manusialah penyebab semua perkara. Cuma tidak banyak manusia yang dengan jantan mengakuinya, malah sibuk mencari kambing hitam.

Sakit karena gaya hidupnya, ia menyebutnya musibah. Anaknya tertangkap karena narkoba, ia bilang ini ujian. Dan banyak lagi alasan yang membuat manusia merasa nyaman ketika menghadirkan sosok Tuhan.

Ia tidak mudah mengupas dirinya sendiri, dimana salah saya ? Apa sebab yang saya hadirkan sehingga berakibat seperti ini ?”

Ia lalu menjelaskan panjang lebar tentang banyak rahasia hidup ini yang membutuhkan bercangkir-cangkir kopi untuk menyerapnya. Baru kusadari bahwa hidup ini sebenarnya sudah bukan misteri, hanya kita saja yang tidak mengerti..

“Lalu bagaimana supaya bisa mendapat akibat-akibat baik ?” Tanyaku polos sambil menyeruput secangkir kopi yang terakhir..
“Mudah..” Jawab temanku. “Hadirkanlah sebab-sebab baik dalam hidupmu..”
Ah, sederhana sebenarnya tapi tidak mudah memahami apalagi menjalaninya..

Mulai saat itu, kuputuskan untuk mencari kunci-kunci hidup sebelum menuju ke dunia lain dimana sesungguhnya misteri itu terjadi, yaitu dunia kematian..