Sabtu, 23 Juni 2018

SIAPA YANG BAKAL DUKUNG JOKOWI DI JAWA BARAT?

Pilkada Serentak
Demiz
Pertarungan ketat terjadi di Jawa Barat. Survey Litbang Kompas terakhir menunjukkan bahwa ada 2 calon yang menempati posisi teratas, yaitu Ridwan Kamil & Uu (40 %) juga Dedi Mizwar & Dedi Mulyadi (39 persen %).

Margin yang sangat tipis ini membuat belum ada perkiraan siapa diantara mereka yang berpotensi memimpin Jawa Barat.

Jabar adalah provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak se Indonesia, dengan jumlah pemilih sebanyak lebih dari 33 juta orang. Dan jelas, suara Jabar akan sangat menentukan dalam Pilpres 2019 mendatang.

Dan kira-kira siapa diantara dua paslon itu yang akan mendukung Jokowi nanti ?

Dari pasangan Demiz & Demul, ternyata ada kontrak mengikat buat mereka berdua. Bahwa meskipun mereka dalam satu gerbong di Pilkada, Pilpres mereka akan berpisah dukungan.

Dan Kang Dedi Mulyadi - sebagai kader Golkar - akan mendukung penuh Jokowi.

Dedi Mulyadi adalah Jokowi dalam balutan Sunda. Ia sejak lama menjadi pengagum Jokowi dan mendukung banyak programnya. Bahkan dalam programnya, Demul berjanji akan selaras dengan Jokowi, menjadikan Jabar selatan sebagai pusat pariwisata.

Demul juga terkenal dengan rekaman jejaknya ketika melawan FPI di Purwakarta.

Sedangkan Ridwan Kamil pernah menyebut bahwa ia akan mendukung Jokowi. Tetapi ternyata berita itu disanggahnya sendiri, karena menurut Ridwan Kamil ia belum memutuskan apa-apa.

"Yang memutuskan mendukung Jokowi, ya partai pengusung. Saya tidak ada kontrak tertulis apa-apa..." Begitu penjelasannya.

Khas Ridwan Kamil yang selalu bermain di dua kaki. Satu kaki ke oposisi Jokowi tapi ia juga tidak mau kehilangan suara pendukungnya. Karena itu ia mencari "posisi aman" sambil lihat-lihat dulu, mana yang lebih kuat Jokowi atau lawannya nanti, baru ia akan memberikan dukungan.

"Rangkul sana rangkul sini.." Kata seorang teman. Takut suara berkurang.

Penting bagi pendukung Jokowi untuk memastikan siapa yang akan mereka pilih nanti, karena akan berpengaruh pada Pilpres 2019 atas kemenangan Jokowi di Jawa Barat.

Tanggal 27 Juni adalah penentuannya..

"Abang pilih siapa ?" Tanya seorang teman.

"Ah, saya pilih yang pasti-pasti aja, yang tidak rangkul sana rangkul sini. Entar salah rangkul, bahaya. Jangan-jangan yang dirangkul preman berbaju agama.. " Senyum saya melebar.

Dan seperti biasa, kopinya temanku yang bayar.