Rabu, 29 Agustus 2018

NENO WARISMAN YANG KANGEN MIK

Lion Air
Neno Warisman

Lagi lagi Lion Air. Mendengar kata Lion Air, saya jadi agak ragu terbang dengannya. Kecuali kepepet, saya biasanya pake maskapai lain yang lebih profesional.

Banyak kisah dimana Lion Air bermasalah dengan profesionalitasnya. Mulai masalah delay, penumpang tidak kebagian kursi dan banyak lagi. Lion juga pernah mendapat sanksi dari Kemenhub masalah jadwal penerbangan yang amburadul.

Kasus terbaru, entah kenapa pilot dan awak pesawat Lion Air mengijinkan Neno Warisman menggunakan mikrofon atau yang dikenal dengan nama PAS - Public Address System. Ini jelas kesalahan besar, karena mengancam keselamatan penumpang.

Seperti kita tahu, SOP pesawat sangat ketat terhadap keamanan. Jangankan penumpang menggunakan mikrofon, berbisik "ada bom" saja sudah pasti pesawat tidak akan take off dan sanksi akan dikenakan ke penumpang tersebut.

Tapi yang terjadi terhadap Neno malah ia dengan bebas mengumumkan keterlambatan dirinya dengan mikrofon, seperti tidak ada pramugari atau awak kabin yang bisa mengumumkan itu.

Pada posisi ini, seharusnya bukan saja Pilot yang mengijinkan Neno menggunakan peralatan pesawat yang di grounded, tetapi Neno Warisman juga harus mendapat sanksi.

Menurut Indonesia Police Watch, Neno seharusnya mendapat sanksi 1 tahun penjara dan denda 500 juta karena sudah melanggar UU Penerbangan. Neno tanpa hak menguasai penerbangan.

Dan kasus ini harus menjadi pelajaran baik bagi penumpang maupun maskapai lain, bahwa tidak bisa sembarangan penumpang menguasai pesawat. Bisa jadi inspirasi penumpang lain untuk memaksakan kehendaknya ketika dia kebelet misalnya, dan menyerobot mikrofon pesawat jika tidak ada tindakan tegas apapun dari pihak berwenang.

Semoga Kemenhub bisa terus menaikkan kasus ini dan membawanya ke ranah hukum, bukan hanya menon-aktifkan pilot saja. Kasus Lion Air seharusnya menjadi acuan bagaimana seharusnya keamanan pesawat adalah prioritas bagi penumpang lainnya.

Saya inginnya sih maklum, "Mungkin Neno udah lama gak pegang mik. Jadi kalau ada mik, meski di pesawat, langsung maen sambar..."

Mau seruput kopi, kok takut tersedak..