Senin, 19 November 2018

BEOL CEPIRIT

DKI Jakarta
Becak
Banyak teman-teman yang menghina karya monumental Gaberner Jakarta berupa becak online..

Becak online itu dinamakan Beol Cepirit, diambil dari singkatan Becak Online Cepat dan Irit. Yang saya dengar karya becak ini akan diadopsi juga di Medan dan sekitarnya, meski dengan nama berbeda.

Di Medan rencana namanya Beol Tekincit, dari singkatan Becak Online Tercepat Kinclong dan Buncit. Saya kurang paham apa maksud "buncit" disini, apakah bentuk becaknya atau perut abang becaknya yang rata-rata buncit karena becaknya tidak pernah dikayuh.

Jadi pada intinya, meskipun bentuknya becak, tapi teknologinya sudah sangat maju. Ini penggabungan antara unsur tradisional dan modern yang dijadikan dalam satu paket transportasi. Ini yang tidak banyak diketahui cebong-cebong awam yang kerjanya mengorek di waktu hujan.

Keunggulan pertama jelas Online. Seperti aplikasi online lainnya, pesan tinggal pencet-pencet saja. Kelebihannya dari yang transportasi online yang lain, tidak perlu lama menunggu beol cepirit. Sesuai sifat "cepirit", belum sempat kita mikir, celana sudah basah.. eh maksudnya sudah ada di depan kita.

Keunggulan kedua adalah memakai tenaga listrik.

Listrik di beol cepirit ini bukan hanya tenaga untuk menjalankan becak saja, tapi juga tersedia di kursi penumpang. Jadi ketika si penumpang cerewet, abang becak cukup pencet tombol maka si penumpang pasti menjerit dan terdiam. Apalagi penumpang yang suka nawar-nawar, pasti di setiap perjalanan menjerit-jerit.

Di bangku abang becak juga ada aliran listriknya, tapi kecil saja. "Untuk geli-geli.." kata si abang. Entah apa yang dimaksud geli-geli kena getaran listrik.

Yang ketiga adalah bisa terbang..

Maksud terbang disini bukan becaknya bisa terbang, tetapi kursi penumpang di kasih kursi lontar. Jadi setiap kali sampai tujuan, abang becak langsung pencet tombol dan si penumpang terbang terlontar dari becak dan langsung berada di pintu rumah atau kantornya.

Sangat efektif di era yang serba cepat ini sehingga penumpang tidak membuang waktu sedikitpun. Sesuai dengan motto beol cepirit, "Kami datang, kami angkut dan kami tendang".

Beol Cepirit juga bisa beli dan antar makanan. Dinamakan "Beol Food". Memang agak menjijikkan seolah-olah foodnya kena beol, tapi aplikasi antar makanan ini paling cepat dibandingkan transportasi lain. Masalahnya, bentuk makanannya ketika sampai, bukan tanggung jawab si abang becak.

Inovasi-inovasi yang mengagumkan dan "out of waring" ini patut di apresiasi. Bahkan dikabarkan Elon Musk sendiri merasa rendah diri ketika Beol Cepirit diluncurkan. Bayangkan, Elon Musk harus berfikir bertahun-tahun sebelum tranportasi ke Mars dia siapkan, eh beol cepirit belum kepikiran tiba-tiba sudah tercipta.

Belum selesai rupanya akan ada varian baru dari Beol Cepirit yaitu Beol Ngambang. Kabarnya diambil dari kata "Ngangkut Brambang" atau ngangkut bawang. Ini khusus buat angkutan di pedesaan dengan teknologi tenaga surya. Maksudnya, makin terik matahari, makin kuat ngayuh becaknya karena kepanasan dan mencari tempat berteduh..

Jadi tolong jangan dihina-hina ya. Cebong mana ngerti yang ginian..

Sayapun sedang minum kopi di sebuah warung. Kata mak warung, nama kopi yang sedang saya seruput sedang laris-larisnya. Namanya Kopi Mencret, diambil dari kata "Menyenangkan sampe Cret"..

Ah, ada-ada saja orang Indonesia jaman sekarang.