Sabtu, 05 Januari 2019

CAPRES HOAKS

Politik
Koalisi Prabowo-Sandi
Ingat cerita masa kecil tentang seorang anak dan hoaks serigala?

Si anak karena ingin iseng, teriak "ada serigala !!" sehingga satu kampung berbondong-bondong datang. Ternyata serigala itu tidak ada, orang kampung marah dan si anak ketawa senang. Kelakuan itu dilakukan dua tiga kali dan si anak ketawa senang karena berhasil mengerjai banyak orang.

Hingga satu hari datang serigala beneran di dekat si anak, dan si anak teriak minta tolong "ada serigala !!", tapi orang kampung menganggap "ah, dia hanya main-main..". Serigala menerkam si anak itu yang tanpa pertolongan.

Akhirnya muncullah peribahasa, "Sekali lancung ujian, seumur hidup orang tidak akan percaya.."

Begitulah apa yang terjadi pada kubu Prabowo. Mereka gemar sekali membuat hoaks dan menyebarkannya. Mulai dari operasi plastik Ratna Sarumpaet sampai yang baru saja terjadi tentang 7 kontainer kota suara.

Sayangnya, sebelum hoaks itu menyebar dan membangun kepercayaan di masyarakat awam, polisi bertindak cepat. Dengan segera ketahuan bahwa berita yang menyebar itu adalah kebohongan. Rakyat yang awalnya percaya, lama-lama mentertawakan.

Apakah ini akan berpengaruh pada pendukung hardcore Prabowo ? Tentu tidak. Karena si hardcore itu cinta mati dan tak akan terganti. Mereka tetap saja memujanya meski mereka tahu bahwa mereka dibohongi berkali-kali. Namanya cinta, tai kucing saja berasa ayam KFC.

Tapi jelas masalah hoaks ini akan mempengaruhi swing voters atau massa mengambang yang diperkirakan lembaga survey angkanya ada di sekitat puluhan persen. Mereka jelas akan muak karena dibohongi terus menerus dalam Pilpres ini.

Dan meski Jokowi bagi para swing voters ini punya banyak kelemahan, mending milih dia atau Golput sekalian. Kalau Golput jelas Jokowi menang, karena hasil surveynya masih diatas Prabowo selama ini.

Jadi biarkan kubu Prabowo maenan hoaks terus. Kalau perlu dorong mereka untuk terus-terusan hoaks. Tapi kita siapkan gerakan mencegah dan mengabarkan hoaksnya. Juga polisi harus lebih siap menangkalnya.

Kelak Prabowo akan tercap sebagai "Capres hoaks". Sebuah stigma yang tidak akan hilang darinya sepanjang masa. Sebuah kerugian besar jika mereka terus memeliharanya.

Seharusnya kubu Prabowo membaca quotes dari Nurhadi Aldo, "Jika kamu membenci dirimu sendiri, ingatlah, bahwa banyak orang yang akan membencimu juga.."

Salam seruput kopi..

Artikel Terpopuler