Jumat, 22 Februari 2019

JANGAN MELEBIHI IBLIS, NENO

Puisi Neno Warisman
Neno Warisman
"Aku lebih mulia dari dia !"

Teriak iblis sambil menunjuk Adam. Ia marah karena Tuhan memerintahkannya untuk bersujud kepada manusia pertama di dunia.

"Apa yang membuatmu merasa lebih mulia dari Adam?" Tanya Tuhan.

"Karena aku terbuat dari api, sedangkan ia dari tanah!" Iblis menjawab dengan keangkuhannya.

Tuhan tahu bahwa bukan itu sebenarnya poinnya. Iblis marah, karena kesombongannya sebagai mahluk yang paling mulia diantara semua mahluk pada masanya, dihancurkan saat itu juga. Selama ini iblis selalu dihormati oleh sesamanya sebagai ahli ibadah.

Iblis dikenal sangat taat karena ia tidak pernah meninggalkan waktu menyembahNya. Karena merasa paling taat itulah ia mengklaim bahwa dirinya paling dekat dengan penciptaNya.

Iblis lalu berkata, "Demi kekuasaanMu! Aku akan menyesatkan semua keturunan Adam di dunia !"

Seorang teman pernah berkata, "Tidak semua maksiat manusia di dunia ada karena godaan iblis. Terbanyak adalah karena manusia tidak mampu mengekang nafsunya. Tetapi ketika manusia mulai merasa beriman, iblis akan datang dengan penuh dendam untuk menyesatkannya. Karena iblis tidak ingin ada yang lebih beriman dari dirinya.."

Neno, jika dirimu sekilas membaca sejarah iblis, maka engkau akan tahu bahwa kesombongan adalah jubah kebesarannya. Kesombongan datang dalam bentuk benih. Dari situ, tumbuhlah pohon dan ranting kemaksiatan yang pada akhirnya akan menghancurkan manusia itu sendiri.

Mendengarmu berdoa, "Kalau Kau tidak menangkan kami, kami khawatir tak ada lagi yang menyembahMu, ya Allah..." membuat saya miris dan seperti mendengar sumpah iblis sejelas-jelasnya.

Tahukah dirimu, Neno, seandainya seisi alam semesta ini tidak menyembahNya, Ia tidak akan menjadi lemah? Alam semesta inilah yang melemah, jika tidak menyembah padaNya.

Doamu bukanlah sebuah doa, tetapi lebih mirip sebuah kutukan, sebuah ancaman, sebuah keangkuhan, bahwa dirimu bisa mendikte penciptamu untuk mengabulkan nafsu besarmu berkuasa di kursi dunia.

Neno, sadarlah. Tidak ada sesuatu di dunia ini yang layak dipertahankan mati-matian, apalagi hanya sebuah kedudukan.

Jangan menjadi iblis, Neno. Engkau bahkan lebih hina darinya. Karena iblis bahkan tidak berani mengancam mengatas-namakan semesta alam, untuk tidak menyembah penciptaNya.

Iblis hanya mewakili dirinya sendiri. Kau Neno, berbicara seakan engkaulah pencipta dan Tuhan adalah mahluk yang kau ciptakan.

Maha besar Tuhan dari segala kebusukan yang keluar dari seseorang yang merasa melebihi diriNya..

Artikel Terpopuler