Jumat, 02 September 2016

Secangkir Kopi Dinihari

Jiwa Kerja
Melangkah dan Semangat
"Bekerja itu bukan tentang uang.."

Tulis temanku di statusnya. "Bekerja itu adalah eksistensi, sebuah cara untuk memaksimalkan kemampuan diri. Uang itu hanya dampak, bukan tujuan..."

Ia menyambung tulisannya. "Jika kita bekerja hanya supaya mendapat uang, maka kita akan terjebak di ruang-ruang sempit yang kita benci, rutinitas yang akan mengurung diri. Hasilnya, kita akan selalu mengeluh, terpenjara oleh perasaan ketidakmampuan untuk merdeka. Mudah patah. Kita akan selalu memandang orang lain lebih tinggi dan kita adalah orang yang patut dikasihani..."

Secangkir kopi kucecap sambil meneruskan membaca tulisannya.

"Bekerja itu adalah kenikmatan. Pada tingkat pemahaman yang lebih tinggi, bekerja itu adalah ibadah. Harus ada jiwa di dalamnya, sesuatu yang kita selalu tunggu untuk memulainya dan membuat diri ini senang. Waktu menjadi tidak terasa ketika melewatinya. Jika kesenangan yang terus kita bawa, maka masalah itu tidak pernah ada, yang tampak hanyalah solusi.."

Tersenyum aku membacanya.

"Bebaskan dirimu, hidup hanya sekali. Mulailah sesuatu yang menyenangkan dan bergeraklah keluar bertemu dengan banyak orang yang akan membangun pola pikirmu menjadi lebih luas. Pada tingkat yang lebih tinggi, kitalah yang harus menjadi inspirasi. Jangan sibuk mengagumi apa yang dilakukan orang tapi lupa akan diri sendiri.."

Kuseruput kembali kopi yang sudah dingin ini. Seruputan terakhir dan kubaca penutup tulisannya. "Bekerja itu bukan tentang uang. Bekerja itu mencari nilai di dalam diri, bukan berapa angka yang harus kita raih.."