Sabtu, 16 September 2017

HARTA PARA PENGUSAHA

Kerja
Bisnis
"Kesalahan banyak orang yang memulai bisnis adalah pikiran akan seberapa banyak untung yang akan di dapatnya.

Padahal bisnis itu selalu ada faktor resikonya. Inilah yang banyak terlupa karena mata silap dengan potensi keuntungan yang akan didapatnya.

Memulai bisnis tidak mudah, apalagi bagi orang yang selama hidupnya menjadi karyawan. Bisnis membutuhkan perlakuan khusus dengan menjaga komitmen dan konsistensi, melihatnya besar perlahan-lahan dan yang terpenting -juga termahal- adalah jaringan, bertemu orang-orang baru yang mempunyai irama yang sama.

Dalam artian, bisnis itu sama dengan belajar. Bukan ditanam lalu ditinggalkan dan berharap tumbuh besar begitu saja.

Jadi ketika ada orang menawarkan bisnis dengan keuntungan besar dalam sekejap, hati-hati. Karena begitu banyak penipuan berkedok investasi instan yang tujuannya hanya ingin mengeruk modal orang-orang yang tidak berpengalaman di bidangnya.

Bisnis itu sebetulnya bukan bagaimana bisa menjadi sukses, tetapi bagaimana bisa bertahan. Karena pertahanan yang baik sejatinya adalah senjata terbaik dalam kompetisi yang semakin ketat. Bisnis adalah proses memulai dan proses belajar dalam setiap langkahnya.

Ini tentang pengalaman, tentang perjalanan, bukan tentang berapa banyak hasil yang didapat nantinya".

Belasan tahun lalu, tapi aku masih ingat pelajaran yang diberikan temanku. Meski dalam perjalanan jatuh bangun tidak terhindarkan, tetapi sesungguhnya disitulah sebenar-benarnya kekayaan. Kaya akan pengalaman.


Ah, dimana temanku itu. Aku rindu duduk dengannya dan menyeruput kopi bersama.