Rabu, 27 Desember 2017

ZULFIKAR AKBAR, MAINKAN PEDANGMU. JANGAN TAKUT

Zulfikar Akbar
Harian Top Skor
Forum Pekerja Media Kecam PHK Sewenang-wenang Jurnalis TopSkor.

Forum Pekerja Media mengecam pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak yang dilakukan PT TopSkor Indonesia terhadap jurnalis Zulfikar Akbar.


Kami menilai PHK yang hanya disampaikan melalui Twitter tersebut dilakukan secara sewenang-wenang dan tidak sesuai dengan UU Ketenagakerjaan Nomor 13/2003 antara lain:

- Pasal 151, yang mengatur putusan PHK harus melalui perundingan antara perusahaan dan karyawan, yang jika tidak menghasilkan persetujuan, harus melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).
- Pasal 152, permohonan penetapan PHK ke PHI permohonan tertulis dan harus sudah melalui proses perundingan.

Forum Pekerja Media juga menuntut Kementerian Tenaga Kerja turun ke lapangan melindungi para pekerja media yang dilanggar hak-hak pekerjanya karena aktivitas mereka di media sosial.

Kami mendengar kasus serupa juga pernah terjadi di beberapa media lain, namun belum terungkap ke publik.

Mengenai hal ini dijamin dalam UU Ketenagakerjaan, Pasal 153 ayat 1 yang mengatur bahwa perusahaan tidak bisa melakukan pemutusan hubungan kerja salah satunya dengan alasan "Perbedaan paham, agama, aliran politik, suku, warna kulit, golongan, jenis kelamin, kondisi fisik, atau status perkawinan".

Forum Pekerja Media juga mengecam praktik intimidasi atas kebebasan berekspresi. Tulisan Zulfikar Akbar di media sosial twitter semestinya tidak dibalas dengan ancaman terhadap perusahaan TopSkor yang berujung PHK sepihak kepada Zulfikar Akbar.

Atas peristiwa di atas, kami mendesak dan menyerukan:
1. Pihak manajemen TopSkor untk menyelesaikan hubungan kerja secara baik-baik dan tidak melanggar hukum, serta mengakomodir Sdr. Zulfikar Akbar untuk melakukan pembelaan diri terhadap vonis bersalah yang dijatuhkan oleh sidang redaksi.
2. Kepolisian untk melindungi Sdr. Zulfikar Akbar dari tindakan persekusi oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab, mengingat viral provokasi persekusi.
3. Mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh atas provokasi persekusi kepada Sdr. Zulfikar Akbar, karena hal tersebut tidak dibenarkan dan melanggar hukum.
Jakarta, 27 Desember 2017

Forum Pekerja Media
Ketua Federasi Serikat Pekerja Media Independen (FSPMI) Sasmito Madrim 0852-8306-0088
Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta Ahmad Nurhasim 0812-8394-9524
Direktur LBH Pers, Nawawi Baharudin, 0815-9613-469
Ketua Sindikasi, Ellena Ekarahendy, +62 882-1420-1360